perbedaan interview user dan hrd
Tips Kerja

Bedanya Interview User dan Interview HRD

Kegiatan interview dilakukan untuk mengetahui karakter dari pelamar kerja, secara lebih mendalam. Oleh sebab itu, kegiatan interview ini terbagi menjadi dua yaitu interview user dan juga interview hrd. Perlu Anda ketahui bahwa terdapat perbedaan interview user dan HRD. Ada berbagai macam perbedaan dalam masing–masing kegiatan interview tersebut.

Apa Itu Interview User?

Interview user merupakan salah satu kegiatan wawancara dalam proses rekrutmen tenaga kerja. Hal itu dilakukan oleh orang yang memiliki posisinya sama sepertiyangAnda lamar. Sehingga,dapat dikatakan bahwa dalam kegiatan interview user ini, sudah tidak diwawancarai oleh pihak HRD perusahaan secara langsung. Namun,bukan berarti semua interview tanpa campur tangan HRD.

Perlu Anda ketahui bahwa tujuan dari interview user adalah untuk mengetahui pemahaman Anda, tentang jabatan yang Anda lamar. Sehingga,pertanyaan yang akan diajukan hanyalah seputar jabatan yang Anda lamar saja. Oleh sebab itu, Anda harus mempelajari seputar posisi yang Anda lamar. Mulai dari definisi jabatan yang Anda lamar, manfaat, hingga keuntungan yang terjadi.

Apa Itu Interview HRD?

Interview HRD merupakan salah satu kegiatan wawancara dalam proses rekrutmen tenaga kerja. Hal itu dilakukan oleh pihak HRD perusahaan secara langsung. Sehingga,pihak HRD perusahaan juga ikut andil dalam seleksi tenaga kerja,sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Sehingga,dapat dikatakan bahwa ada perbedaan interview user dan HRD.

Bila Anda lolos dari kegiatan interview HRD, maka Anda akan lanjut ke tahap seleksi interview user. Sehingga,dapat dikatakan bahwa ketentuan lolos atau tidaknya Anda dalam interview HRD ini, disesuaikan dengan kualitas diri Anda ketika menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD perusahaan. Oleh sebab itu, usahakan menjawab semua pertanyaan dengan baik.

Prosedur Wawancara Interview User

Kegiatan interview user dilakukan oleh orang yang nantinya akan menjadi atasan Anda, ketika sudah diterima di perusahaan. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjalankan kegiatan interview user ini dengan sebaik mungkin. Tidak hanya itu, Anda juga harus mengetahui prosedur wawancara interview user yang akan dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa lolos interview user.

1. Mengenal User

Prosedur wawancara pertama adalah dengan mengenal user. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa perbedaan interview user dan HRD. Sehingga, dapat dikatakan bahwa yang mewawancarai Anda juga berbeda. Pada interview user ini, Anda akan diwawancarai oleh user yang nantinya menjadi atasan Anda. Oleh sebab itu, Anda bisa mencari tahu seputar user Anda.

Selain mencari tahu seputar user, Anda juga harus mengetahui informasi tentang jabatan yang Anda lamar. Hal ini karena user Anda akan menanyakan informasi seputar jabatan yang Anda lamar tersebut secara lebih mendalam. Oleh sebab itu, Anda harus memahami semua informasi tersebut. Namun,Anda juga harus mengetahui informasi seputar perusahaan yang dilamar.

2. Datang secara Tepat Waktu

Prosedur wawancara kedua adalah dengan datang secara tepat waktu. Meskipun ada beberapa perbedaan interview user dengan HRD, namun Anda harus tetap datang tepat waktu. Hal ini bertujuan agar bisa membuat diri Anda tenang, sebelum kegiatan interview user di mulai. Usahakan datang minimal 15 menit sebelum kegiatan interview user berlangsung.

Hindari perbuatan yang membuat pewawancara menjadi menunggu Anda. Hal ini karena perbuatan tersebut dianggap buruk di mata mereka. Bila kondisi ini terjadi, maka akan sangat merugikan Anda. Hal itukarenaAndatelah dikurangi poin interviewnya oleh pewawancara. Oleh sebab itu, Anda harus datang ke perusahaan beberapa menit sebelum interview user di mulai.

3. Sopan Santun saat Interview

Prosedur wawancara ketiga adalah harus sopan santun saat interview. Meskipun ada beberapa perbedaan wawancara user dan HRD, namun Anda harus tetap sopan dan santun saat proses interview berlangsung. Pihak user akan mulai memerhatikan dan menilai sikap Anda, sejak Anda memasuki ruangan hingga selesai melaksanakan kegiatan interview.

Bila banyak para pekerja yang mengatakan bahwaperusahaan yang Anda lamar ini tergolong santai, maka Anda harus tetap menerapkan sikap kesopanan Anda selama kegiatan interview user berlangsung. Sikap tersebut harus Anda lakukan setiap saat dan dimana saja. Hal ini bertujuan agar Anda dapat dihargai oleh orang–orang di sekitar Anda.

Prosedur Wawancara HRD User

Mungkin kebanyakan dari kalian bertanya-tanya, apa beda interview user dengan hrd? Jelas iya, perbedaan tersebut salah satunya terdapat pada orang yang akan menginterview Anda. Meskipun orang yang menjadi pewawancara berbeda, namun Anda harus mengetahui prosedur wawancara HRD user terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa menjadi lebih siap ketika wawancara HRD user berlangsung.

1. Siapkan Diri Sejak Dini

Prosedur pertama adalah dengan siapkan diri sejak dini. Ada baiknya,Anda mencari tahu informasi apa saja yang ada di dalam perusahaan yang Anda lamar. Mulai dari visi dan misi perusahaan, jenisnya, produk yang dihasilkan, hingga pangsa pasar yang dituju. Usahakan untuk mencari informasi tersebut dari website resmi perusahaannya yang terpercaya.

Apabila Anda mengetahui informasi perusahaan yang Anda lamar secara detail, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk lolos ke seleksi berikutnya. Hal ini karena pihak HRD menganggap Anda bersungguh–sungguh untuk bekerja di perusahaan tersebut. Tidak hanya itu,bila Anda banyak mengetahui informasi perusahaan, pastinya Anda lebih percaya diri saat interview.

2. Bersikap Profesional

Prosedur kedua adalah dengan bersikap profesional. Meskipun ada beberapa perbedaan interview dengan HRD dan user, namun Anda harus tetap bersikap profesional dalam melaksanakan wawancara tersebut. Anda harus bisa menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan dengan serius dan tanggap. Kemudian,Anda juga harus datang secara tepat waktu.

Sikap profesional adalah salah satu penentu apakah Anda lolos ke tahap seleksi selanjutnya atau tidak. Bila ada satu saja yang membuat pihak HRD tersinggung dengan sikap Anda, maka sudah dipastikan bahwa Anda gagal dalam kegiatan interview HRD user ini. Oleh sebab itu, usahakan untuk bersikap profesional dalam keadaan apapun.

3. Ucapkan Terima Kasih atas Kesempatannya

Prosedur ketiga adalah dengan mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan. Meskipun beda interview user dan HRD, namun Anda harus tetap mengucapkan terima kasih kepada HRD yang telah memberikan kesempatan interview kepada Anda. Kemudian,Anda bisa meninggalkan ruangan interview secara sopan.

Kesimpulan

Kegiatan interview yang dilakukan dalam sebuah perusahaan memiliki dua macam. Dalam interview yang dilakukan, terdapat masing–masing perbedaan di dalamnya. Apa perbedaan interview user dan HRD? Perbedaan tersebut terdapat pada beberapa hal yang wajib Anda ketahui.

Interview user dilakukan oleh orang yang memiliki posisi sama seperti yang Anda lamar. Sehingga,pertanyaan yang diajukan hanyalah seputar posisi yang Anda lamar saja. Oleh sebab itu, Anda harus mempelajari informasi seputar posisi yang Anda lamar.

Kegiatan interview user biasanya dilakukan setelah tes psikologi dan juga interview dengan HRD. Biasanya kegiatan interview user ini, sebagai penentu apakah Anda layak menempati posisi yang Anda lamar atau tidak. Hal ini karena user yang menginterview Anda adalah yang memiliki hak penuh ataskelulusan Anda. Apabila Anda lolos pada interview user ini, Anda akan lanjut ke seleksi kesehatan.

Interview HRD dilakukan pihak HRD perusahaan secara langsung. Kemudian,pertanyaan yang diajukan hanya sebatas informasi pribadi, alasan melamar kerja di perusahaan ini, hingga keterampilan yang dimiliki. Biasanya,interview HRD dilakukan sebelum interview user berlangsung.

Baca juga: 11 Pertanyaan Interview yang Sering Keluar Saat Interview

………………

Apa beda interview user dan HRD? Tentu berbeda. Ada beberapa perbedaan interview user dan HRD. Perbedaan tersebut terletak dalam orang yang mewawancarai Anda sebagai pelamar kerja. Tidak hanya itu, perbedaan lain juga ada dalam materi yang ditanyakan. Oleh sebab itu, sebelum mendatangi wawancara, Anda wajib memahami perbedaan antara interview user dengan interview HRD.