Kemampuan yang Wajib Diketahui Oleh Fresh Graduate yang Baru Mau Melamar Kerja

Mencari kerja dengan bermodal gelar sarjana memang tidaklah cukup. Terlebih, jumlah sarjana yang semakin membludak dari tahun ke tahun tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Tantangan tersebut bisa dihadapi dengan memiliki sejumlah skill freshgraduate sebagai nilai tambah bagi perusahaan yang akan Anda lamar.

17 Skill Freshgraduate Wajib Saat Melamar Kerja

Di antara kalian yang baru lulus, pasti mengharapkan cepat memeroleh pekerjaan sesuai dengan kemampuan fresh graduate. Sebelumnya, ketahui terlebih dahulu skill apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sebab, nantinya skill yang dimiliki seseorang akan terbaca melalui hasil psikotes maupun tes lainnya. Berikut beberapa skill fresh graduate yang wajib Anda miliki supaya segera diterima kerja.

1. Jujur

Skill freshgraduate yang wajib Anda miliki saat melamar kerja yang pertama yaitu sikap jujur. Skill ini merupakan sikap yang diinginkan oleh perusahaan, sehingga harus dimiliki setiap orang dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam dunia kerja.

Jika seseorang yang bersikap jujur, maka dapat melahirkan kepercayaan dari rekan-rekan kerjanya. Sikap ini juga menghindarkan Anda dari rasa curiga dan kekhawatiran yang dapat merusak kepercayaan dalam sebuah tim.

2. Inisiatif

Saat melamar kerja, perusahaan akan mempertimbangkan sikap konsistensi dalam diri Anda. Sikap ini berkaitan dengan insiatif yang muncul dari dalam diri, terutama ketika menyelesaikan tugas-tugas dari perusahaan. Inisiatif akan muncul secara otomatis yang menjadi motivasi agar dapat menyelesaikan tugas secara tepat waktu dan hasil yang baik.

Seorang fresh graduate yang memiliki skill inisiatif, maka ia dapat memeroleh ide-ide baru demi kemajuan dan kebaikan perusahaan. Ketika timbul sebuah masalah dalam pekerjaan, maka ia memiliki inisiatif memecahkan masalah tersebut dan siap menerima segala risikonya.

3. Fleksibilitas

Ketika memasuki dunia kerja, seseorang harus siap menghadapi segala jenis kondisi atau situasi yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan. Anda harus memiliki sikap fleksibilitas, agar mampu menghadapi persoalan dalam dunia kerja dengan baik. Skill ini juga sangat membantu Anda menghadapi berbagai karakter rekan kerja, atasan dan klien.

4. Sopan

Memasuki dunia kerja, Anda harus memiliki sikap sopan terhadap atasan, rekan kerja maupun klien. Sikap ini menunjukkan bahwa Anda menghargai orang lain dan bersikap tidak semaunya sendiri. Skill freshgraduate ini perlu Anda miliki, agar meningkatkan kerja sama tim, serta memberikan rasa nyaman dalam lingkungan kerja.

5. Komitmen

Sebuah perusahaan pasti mencari karyawan dengan komitmen yang tinggi. Skill freshgraduate ini wajib Anda miliki, agar seseorang bersedia dan mampu memberikan waktu serta dedikasi terbaiknya bagi kemajuan perusahaan.

6. Manajemen Waktu

Perusahaan membutuhkan karyawan yang menghargai waktu, agar semua pekerjaan dapat selesai tepat waktu dengan hasil yang baik. Seorang freshgraduate harus memiliki keterampilan manajemen waktu dalam menyelesaikan pekerjaan berdasarkan prioritas dan perencanaan.

7. Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan skill freshgraduate yang menjadi pertimbangan penting perusahaan ketika merekrut karyawan. Kepemimpinan menunjukkan bahwa Anda bisa memotivasi diri, serta mampu mengambil keputusan yang terbaik untuk perusahaan. Terlebih, nantinya dalam perusahaan Anda harus bekerja dalam sebuah tim.

8. Rendah Hati

Rendah hati dalam dunia kerja sangat dibutuhkan, agar seseorang dapat menerima masukan dan ide-ide dari atasan maupun rekan kerja secara bijak. Ketika Anda memiliki kemampuan yang lebih dibanding karyawan lain, maka dengan rendah hati Anda tidak segan untuk berbagi pengalaman demi kemajuan perusahaan.

9. Problem Solver

Dalam dunia kerja, pasti akan muncul masalah-masalah yang berkaitan dengan atasan, rekan kerja atau klien. Anda harus mempunyai kemampuan problem solver dan siap menghadapi segala risikonya. Skill ini akan menjadikan Anda lebih berkarakter dan terkesan profesional.

Kemampuan problem solver yang Anda miliki juga dapat memberikan nilai lebih sebagai seorang karyawan. Perusahaan juga tak ragu memberikan apresiasi terhadap ketekunan maupun tanggung jawab atas usaha Anda untuk mengatasi masalah perusahaan.

10. Tidak Gaptek

Perkembangan teknologi menuntut seseorang karyawan harus menguasai teknologi, terutama untuk keterampilan menggunakan komputer. Sebab, keterampilan ini akan memperlancar penyelesain tugas-tugas perusahaan yang sebagian besar memakai program komputer.

Selama ini, program dasar komputer sudah disampaikan dalam berbagai jenjang pendidikan di sekolah, sehingga fresh graduate harus mengerti dasar-dasar Microsotf misalnya Excel, Word, maupun Power Point.

11. Mandiri

Saat melamar kerja, tunjukkan bahwa diri Anda memiliki kemampuan bekerja secara mandiri tanpa pengawasan. Perusahaan menuntut setiap karyawannya bisa menyelesaikan tugas dan menghadapi masalah secara mandiri. Hal itu agar tidak mudah bergantung pada bantuan atasan maupun rekan-rekan kerja.

12. Bisa Bekerja dengan Tim

Kemampuan bekerja dalam tim wajib merupakan skill freshgraduate yang wajib Anda miliki ketika memasuki dunia kerja.  Terutama memudahkan penyelesaian tugas pekerjaan dan membutuhkan keahlian tertentu yang tidak Anda miliki. Dengan bekerjasama dalam tim, maka pekerjaan dapat selesai tepat waktu, sehingga kesuksesan perusahaan lebih mudah tercapai.

13. Pengendalian Emosi

Ketika memasuki dunia kerja, Anda dihadapkan pada berbagai karakter atasan, rekan maupun klien. Tentu tidak semua karakter tersebut cocok dengan diri Anda. Skill yang harus Anda miliki yaitu kemampuan pengendalian emosi, sehingga dapat menghadapi segala tindakan secara lebih positif.

Bila Anda terlihat emosi, justru dapat mengacaukan hubungan profesionalitas dalam lingkungan kerja yang sudah terbangun. Hal ini juga berdampak buruk pada penyelesaian tugas-tugas pekerjaan yang menjadi kacau.

14. Bisa Bahasa Asing (Minimal Inggris)

Agar mampu menghadapi persaingan global, perusahaan membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan berbahasa asing, minimal bahasa Inggris. Kemampuan fresh graduate dalam berbahasa asing ini harus dikuasai dalam bentuk lisan dan tulisan.

Nantinya, karyawan juga akan bertemu klien dari berbagai negara, sehingga dibutuhkan kemampuan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Hal inilah yang melatarbelakangi perusahaan menggunakan nilai TOEFL sebagai syarat saat melamar pekerjaan.

15. Kreatif

Setiap perusahaan pasti menginginkan karyawan yang kreatif, supaya senantiasa muncul ide-ide dan semangat baru. Sebagai fresh graduate, Anda harus belajar berpikir lebih maju dan berbeda supaya menghasil ide-ide terbaik untuk kemajuan perusahaan. Ide kreatif tersebut juga dapat membantu perusahaan supaya tidak tergerus oleh zaman.

16. Dapat Bekerja di Bawah Tekanan

Sebuah perusahaan pasti memiliki target yang sudah ditetapkan dan harus dicapai oleh semua karyawan. Target inilah yang menjadi sebuah tekanan, karena karyawan harus bersedia mengorbankan waktu dan lembur demi menyelesaikan target.

Jika seseorang tidak terbiasa bekerja di bawah tekanan, maka dapat menurunkan performa kerjanya. Agar bisa menghadapi tekanan tersebut tanpa stres maupun frustasi, maka dibutuhkan skill seperti dapat bekerja di bawah tekanan bagi fresh graduate.

17. Pintar Berkomunikasi

Komunikasi yang disampaikan secara tidak tepat di dalam kantor, maka bisa menimbulkan berbagai masalah. Tak jarang masalah kecil menjadi besar akibat kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Pintar berkomunikasi menjadi skill freshgraduate yang perlu Anda miliki. Hal itu untuk mengolah kata-kata supaya pesan yang disampaikan dapat diterima dengan jelas.

…………..

Dengan bekal berbagai skill freshgraduate seperti di atas, Anda memiliki peluang yang lebih besar diterima oleh sebuah perusahaan. Bila skill-skill tersebut belum ada dalam diri Anda, maka tumbuhkanlah sejak sekarang, sehingga Anda semakin layak mendapatkan pekerjaan sesuai kemampuan dan keinginan.

Semoga bermanfaat.