Kesalahan Umum Fresh Graduate saat Interview Kerja

Interview atau sesi wawancara merupakan salah satu tahapan saat melamar kerja yang akan dialami setiap pelamar. Tahapan ini merupakan tahapan akhir sebelum pelamar mendapat jawaban, yakni lolos atau tidak lolos. Bagi mereka yang tidak lolos, mungkin bertanya-tanya mengapa bisa tidak lolos. Untuk itu,sangat penting bagi Anda mengetahui beberapa kesalahan fresh graduate saat interview kerja.

14 Kesalahan Umum Fresh Graduate saat Interview Kerja

Lantaran pelamar kerja yang belum memiliki pengalaman,sering kali melakukan kesalahan yang ia tidak tahu di mana letaknya, maka alangkah lebih baiknya untuk mempersiapkan pengetahuan mengenai wawancara kerja terlebih dahulu.

1. Datang Terlambat

Kesalahan umum yang banyak sekali dilakukan para pelamar kerja adalah datang terlambat saat sesi wawancara dilakukan. Kesalahan ini dapat berdampak pada kepercayaan perusahaan kepada Anda nantinya. Saat di awal saja Anda sudah terlambat, bagaimana saat kerja di kantor nantinya?

Terlambat saat akan wawancara bisa mengakibatkan pihak pewawancara menjadi kesal. Selain itu, Anda akan dicap sebagai orang yang tidak disiplin dan tidak dapat dipercaya karena melanggar aturan perusahaan, yakni datang terlambat.

2. Penampilan yang Amburadul

Selain sikap, penampilan juga bisa menjadi penyebab kegagalan dalam sesi wawancara kerja. Meskipun kualitas dan etos kerja menjadi hal yang sangat diutamakan, namun jika penampilan Anda amburadul dan acak-acakan, maka percuma saja karena perusahaan tidak menyukai itu.

Cobalah untuk mengenakan pakaian formal, jangan seenaknya sendiri. Anda bisa menggunakan jas atau kemeja dengan rambut yang ditata rapi. Kenakan riasan yang sewajarnya, jangan terlalu over, begitu juga saat memakai perhiasan.

3. Gugup

Sering kali,mereka yang baru pertama kali menjalankan sesi wawancara mengalami gugup yang berlebihan. Terlalu gugup dapat menyebabkan Anda terlihat kurang percaya diri di mata pewawancara yang berada di hadapan Anda.

Gugup dan grogi juga bisa menyebabkan pecahnya konsentrasi Andasaat menjawab pertanyaan yang diajukan saat wawancara. Untuk itu, percayalah pada diri Anda dan persiapkan diri Anda sebaik-baiknya.

4. Terlalu Sibuk Sendiri

Kesalahanlainnya yang banyak dilakukan oleh mereka saatmenjalankan sesi wawancara adalah terlalu sibuk sendiri,hingga mengabaikan pewawancara, seperti bermain ponsel. Jangan pernah membuka ponsel selama interview berlangsung karena Anda akan terlihat tidak sopan.

Anda akan dicap sebagai orang yang tidak menghargai siapa yang berbicara di depan, terlebih dia adalah calon boss Anda. Fokuslah pada sesi wawancara yang sedang Anda jalani, buka ponsel setelah keluar dari ruangan wawancara.

5. Kurang Bertenaga dan Tidak Semangat

Kurang tenaga dan kurang semangat bisa dilihat dari ekspresi wajah Anda dan juga cara Anda berjabat tangan. Jangan sampai Anda menunjukkan raut wajah yang lemas, kusut, dan mata yang menatap nanar.

Tataplah lawan bicara Anda dengan tegas dan semangatlah dalam menggenggam tangan orang yang menjabat tangan Anda. Dengan begitu, Anda akan dipandang sebagai orang yang semangat dan mau bekerja keras.

6. Sikap Kurang Profesional

Pada sesi wawancara, Anda akan diminta untuk menceritakan apa yang ada dalam diri Anda, mulai dari pribadi, prestasi pencapaian, pengalaman, dan hal-hal umum yang menyangkut pribadi Anda. Bersikaplah secara profesional saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Jawablahpertanyaan apa adanya,sesuai dengan apa yang memang ada dalam diri Anda, jangan mengada-ada. Sikap tersebut,justru akan membuat pewawancara merasa kesal dan akan langsung menolak Anda.

7. Over Confident

Sikap percaya diri memang bagus untuk dimiliki setiap pelamar kerja yang hendak menjalani sesi wawancara. Namun,ukurlah tingkat kepercayaan diri Anda menjadi sewajarnya, karenajikaterlalu berlebihan akan sangat tidak baik untuk Anda.

Bersikaplah sewajarnya dan jangan keras kepala. Hal itu karena perusahaan akan memandang Anda sebagai orang yang sombong dan tidak mampu bekerja sama dengan orang lain jikasikap Anda keras kepala.

8. Melontarkan Jawaban Klise

Pertanyaan-pertanyaan dalam sesi wawancara pastinya sudah dibuat sebelumnya untuk menguji calon karyawan. Jawaban pelamar kerja atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam sesi interview akan menentukan kelanjutannya, apakah lolos ataukah gugur.

Kesalahan interview kerja yang sering dilakukan adalah menjawab pertanyaan dengan jawaban yang klise, kurang kreatif, atau tidak realistis.Cobalah untuk mengutarakan jawaban yang logis dan wajar sesuai dengan dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar.

9. Tergoda Makanan

Banyak perusahaan yang memang dengan sengaja memberikan jatah konsumsi berupa snackyang diberikan kepada pelamar kerja saat interview. Namun,hal tersebut bisa menjadi trik atau pengecoh yang dipakai untuk menguji peserta wawancara.

Kesalahan ini bisa Anda hindari dengan tetap fokus terhadap wawancara yang sedang Anda jalani. Memakan makanan saat sesi interview berlangsung akan menimbulkan persepsi bahwa Anda adalah orang yang kurang bertata krama.

10. Menanyakan Gaji saat Tidak Ditanya

Gaji memang suatu bagian terpenting dan yang paling Anda inginkan saat bekerja. Namun, jangan sampai Anda menanyakan gaji kepada perusahaan,sebelum Anda ditanyai terlebih dahulu. Anda akan dipandang sebagai orang yang matrealistis dan tidak loyal kepada perusahaan, terlebih Anda adalah seorang fresh graduate.

Padahal, yang perusahaan inginkan adalah karyawan yang mengutamakan loyalitas dan profesionalitas, bukan hanya urusan gaji saja. Bahaslah masalah gaji,jika pewawancara membuka bahasan gaji terlebih dahulu.

11. Menanyakan Jatah Cuti

Jika Anda hendak menanyakan jadwal cuti, sebaiknya dilakukan di luar sesi wawancara. Hal ini dilakukan untuk menghindari pewawancara memandang Anda sebagai orang yang malas dan egois. Perusahaan akan memberikan cuti pada setiap karyawannya dengan jangka waktu tertentu.Anda tidak perlu khawatir mengenai jatah cuti, dan jangan menanyakannya saat wawancara berlangsung.

12. Bersikap Arogan

Sikap arogan sangat tidak disukai siapapun dan termasuk sikap yang harus dihindari saat wawancara. Kesalahan saat wawancara kerja bisa disebabkan oleh faktor ini, yakni Anda yang terlalu menyombongkan diri.

Tetaplah rendah hati meski Anda memiliki kecerdasan, karena orang yang sedang mewawancarai Anda jauh lebih berpengalaman dan lebih mengerti akan kondisi tempat kerja dan dunia kerja.

13. Kurang Mengenal Perusahaan

Pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview kerja salah satunya adalah mengenai perusahaan itu sendiri. Pertanyaan ini diuji agar pewawancara bisa tahu seberapa besar minat dan niat Anda untuk bekerja di perusahaan mereka.

Sebagai solusi untuk menghindari kesalahan saat wawancara, pelajarilah perusahaan yang Anda lamar. Anda bisa mempelajari sejarahnya, peraturannya, dan hal lainnya yang menyangkut perusahaan tersebut.

14. Gagal Menjawab Pertanyaan

Hal ini sudah pasti menjadi penyebab utama seseorang ditolak dari sebuah perusahaan. Menghindari jawaban salah adalah cara interview kerja yang baik dan benar, seperti dalam menjawab pertanyaan mengenai apa kelebihan dan kekurangan yang Anda dimiliki.

Kelemahan diri yang dilontarkan terlalu banyak, akan menyebabkan Anda terkesan minder dan tidak percaya diri. Sebaliknya, melontarkan kelebihan diri terlalu over juga akan menyebabkan diri Anda dipandang sebagai orang yang sombong.Jika Anda ditanya seputar kekurangan dan kelebihan, sebaiknya sertai dengan solusi dari kekurangan dan keterkaitan kelebihan dengan pekerjaan.

Baca juga: 11 Pertanyaan Interview yang Sering Keluar Saat Interview

…………..

Berbagai macam kesalahan saat menjalankan sesi interview di atas, sebisa mungkin harusAnda hindari. Walaupun dianggap sepele, kesalahan-kesalahan tersebut bisa menyebabkan citra seseorang dalam sudut pandang orang lain berbeda.