Tips Atasi Grogi Saat Interview

Rasa grogi saat interview selalu merusak konsentrasi pada para pelamar kerja. Ketika rasa grogi tersebut muncul, pasti ada beberapa gerakan yang dilakukantanpa sadar. Misalnya,memegang wajah, pandangan tidak fokus ke penanya, hingga kaki yang selalu digerak–gerakan. Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahui beberapa tips untuk menghilangkangrogi.

10 Tips Mengatasi Grogi saat Interview

Ada 10 cara menghilangkan grogi saat interviewyang bisa Anda terapkan,sebelum memasuki ruangan wawancara. Usahakan untuk menerapkan setiap cara dengan baik. Hal ini bertujuan agar Anda dapat diterima di perusahaan yang Anda lamar. Pastinya,cara ini sangatlah ampuh untuk dilakukan.

1. Persiapkan Diri

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan diri. Ada baiknya Anda mencari tahu informasi apa saja yang ada di dalam perusahaan yang Anda lamar. Mulai dari visi dan misi perusahaan, jenisnya, produk yang dihasilkan, hingga pangsa pasar yang dituju. Usahakan untuk mencari informasi tersebut, dari website resmi perusahaannya yang terpercaya.

Bila Anda mengetahui informasi perusahaan yang Anda lamar secara detail, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk lolos ke seleksi berikutnya. Hal ini karena pihak HRD menganggap Anda bersungguh–sungguh untuk bekerja di perusahaan tersebut. Tidak hanya itu,bila Anda banyak mengetahui informasi perusahaan, pastinya Anda lebih percaya diri saat interview.

2. Melatih Diri

Tips kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan melatih diri. Anda bisa melatih diri cara berbicara Anda di cermin, dengan postur tubuh yang terlihat santai dan percaya diri. Kemudian,pusatkan tatapan Anda lurus ke cermin atau ke mata Anda. Lalu latih intonasi suara Anda, agar terlihat tegas dan tidak gemetar. Hal ini bertujuan agar tidak grogi saat interview berlangsung.

Bila Anda selalu berlatih setiap hari, maka sudah dipastikan Anda tidak akan grogi saat interviewberlangsung. Usahakan untuk tidak menghafal setiap jawaban yang menurut Anda akan ditanyakan oleh pewawancara. Hal ini karena akan membuat Anda panik, ketika Anda lupa jawaban yang telah dipersiapkan. Pastinya,Anda akan terlihat grogi di depan pewawancara.

3. Pikirkan Interview sebagai Perkenalan Biasa

Tips ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan memikirkan bahwa interview sebagai perkenalan biasa. Bila Anda memiliki pikiran seperti itu, pasti Anda lebih santai ketika interview berlangsung. Dengan begitu,setiap jawaban yang Anda lontarkan, sesuai dengan harapan para pewawancara. Pastinya,peluang untuk diterima kerja di perusahaan tersebut semakin besar.

Perlu Anda ketahui bahwa pihak pewawancara terkadang merasakan grogi juga, ketika akan mewawancarai para pelamar kerja. Namun,mereka masih bisa atasi rasa grogi tersebut dengan sangat cepat. Berbeda dengan Anda yang masih menjadi pelamar kerja dan belum mengetahui cara cepat mengatasi grogi saat interviewberlangsung.

4. Percaya Diri dan Berpikir Positif

Tips keempat yang bisa Anda lakukan adalah dengan percaya diri dan berpikir positif. Ciptakan rasa percaya diri Anda dengan menarik nafas panjang, sebelum memasuki ruangan interview. Tarikan nafas panjang, hal itu dipercaya ampuh dalam mengatasi rasa gugup dalam diri Anda. Lakukan kegiatan tersebut secara berulang–ulang, sampai Anda tenang lalu masuk ke dalam ruangan.

Perlu Anda ketahui bahwa orang yang gugup, akan sangat terlihat pada suaranya yang bergetar dan tarikan nafasnya yang tidak beraturan. Oleh sebab itu,ketika rasa gugup mulai melanda, Anda harus berfikir positif bahwa Anda bisa melalui sesi interview ini dengan sukses. Dengan keyakinan tersebut, pasti Anda bisa menciptakan rasa percaya diri Anda lagi.

5. Posisikan Postur Tubuh secara Tepat

Tips kelima yang bisa Anda lakukan adalah dengan posisikan postur tubuh secara tepat. Para pewawancara pasti paham bila Anda merasa gugup ketika interview. Hal ini bisa terlihat dari postur tubuh Anda ketika kegiatan interview berlangsung. Biasanya,para pelamar kerja yang merasa gugup, pasti akan menggerak–gerakan kakinya.

Perlu Anda ingat bahwa ketika Anda sedang melakukan interview, posisikan tubuh Anda secara tegak. Usahakan badan Anda jangan membungkuk, kemudian posisikan kedua tangan ada di pangkuan Anda atau di atas paha. Lalu tatapan mata Anda lurus ke mata pewawancara, bukan ke atas atau kemana–mana. Hal ini bertujuan untuk menghilangkanrasa grogi Anda.

6. Membawa Dokumen Penting

Tips keenam yang bisa Anda lakukan adalah dengan membawa dokumen penting. Ketika kegiatan interview berlangsung, seringkali pihak pewawancara menanyakan beberapa dokumen penting kepada Anda. Hal ini bertujuan untuk mengecek keaslian dokumen tersebut. Mulai dari ijazah, transkrip, hingga sertifikat yang sudah Anda lampirkan di berkas lamaran Anda.

Terkadang,ada beberapa HRD yang memberitahukan dokumen apa saja yang harus dibawa ketika interview. Bila Anda menerima pemberitahuan ini, maka jangan sampai Anda lupa membawa dokumen yang diperintahkan. Usahakan jangan sampai lupa membawa dokumen penting tersebut. Hal ini sebagai penentu kesiapan Anda untuk bekerja di perusahaan ini.

7. Anggap Pewawancara Sebagai Teman

Tips ketujuh yang bisa Anda lakukan adalah dengan menganggap pewawancara sebagai teman. Tips tidak grogi ini tergolong ampuh untuk mengembalikan rasa percaya diri para pelamar kerja. Hal ini karena mereka bisa lebih santai ketika sedang berbicara dengan teman sendiri. Oleh sebab itu, Anda bisa menerapkan cara ini sebelum mulai masuk ke ruang interview.

8. Persiapkan Beberapa Hal Penting

Tips kedelapan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan beberapa hal penting sebelum masuk ruangan. Anda harus memilih pakaian kerja yang memberikan kesan kesiapan Anda untuk melakukan interview. Anda bisa gunakan setelan baju kerja yang tergolong rapi. Kemudian Anda harus menggunakan sepatu kerja berwarna hitam.

Bila urusan pakaian sudah selesai, maka selanjutnya Anda harus sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat. Hal ini bertujuan agar masalah perut Anda tidak mengganggu konsentrasi saat interview. Kemudian Anda harus datang paling lambat 15 menit,sebelum waktu interview yang telah ditetapkan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat menenangkan diri terlebih dahulu.

9. Berdoa Sebelum Masuk Ruangan

Tips kesembilan yang bisa Anda lakukan adalah dengan berdoa sebelum masuk ruangan. Usahakan untuk berdoa menurut agama yang Anda percaya. Anda bisa meminta pertolongan kepada Tuhan, untuk diberikan kemudahan dalam proses interview ini berlangsung. Kemudian,ucapkan keinginan Anda setelah proses interview ini selesai dilakukan.

10. Optimis Berhasil

Tips kesepuluh yang bisa Anda lakukan adalah dengan optimis berhasil. Bila Anda sudah melewati proses interview dengan baik, maka Anda harus tetap percaya diri dan juga optimis untuk lolos ke tahap selanjutnya. Namun,Anda tetap berdoa kepada Tuhan, untuk meminta hasil yang terbaik untuk Anda. Berdoalah secara terus menerus, sampai mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: 11 Pertanyaan Interview yang sering Keluar Saat Interview

Ketika Anda sudah berusaha dan berdoa,namun hasil yang Anda dapatkan tidak sesuai keinginan, percayalah bahwa rezeki Anda bukan dari perusahaan tersebut. Anda harus lebih berusaha lagi, untuk dapat bekerja di perusahaan yang lainnya. Hal yang paling penting adalah Anda harus optimis ketika mencari pekerjaan.

…………………

Rasa grogi saat interview yang ada dalam diri Anda, tergolong lumrah terjadi. Percayalah bahwa tidak hanya Anda yang merasakan grogi tersebut, namun orang lain juga pasti merasakan hal sama dengan Anda. Oleh sebab itu, Anda harus menerapkan 10 tips untuk menghilangkan rasa grogi ketika akan melakukan proses interview.