Tips Melamar Kerja Online agar Lamaran Kamu Tidak Sia-Sia

Berbagai perusahaan memanfaatkan teknologi untuk merekrut karyawan baru, selain melalui job fair. Sebagai pelamar, Anda bisa mengajukan lamaran kerja via online sesuai lowongan yang diinginkan. Pastikan Anda memenuhi persyaratan dan ketentuan lowongan kerja tersebut, agar lamaran Anda diterima. Selain itu, perhatikan tips melamar kerja online yang tepat, supaya lamaran tidak sia-sia.

12 Tips Melamar Kerja Online

Melamar kerja secara online memang tidak semudah berbelanja online di shopee. Perlu diingat bahwa banyaknya pelamar lowongan kerja yang jumlahnya tidak sedikit. Agar cepat dipanggil pihak HRD perusahaan, pastikan Anda tidak membuat kesalahan saat melamar secara online. Cermati juga setiap informasi lowongan kerja yang Anda peroleh agar terhindar dari penipuan.

1. Pahami Deskripsi Pekerjaan

Ketika menemukan informasi lowongan pekerjaan via online, hal yang sebaiknya dilakukan yaitu memahami deskripsi pekerjaan. Hal tersebut merupakan salah satu tips melamar perkerjaan untuk pemula seperti Anda. Perhatikan juga kebutuhan lowongan perusahaan melalui bagian deskripsi dan tanyakan pada diri Anda apakah sesuai jurusan dan kemampuan, sebelum Anda apply lamaran kerja.

2. Jangan Sampai Tertipu, Pastikan Lowongannya Valid

Informasi lowongan kerja online memang semakin mudah ditemukan di internet. Untuk pemula, sebaiknya Anda harus cermat dengan memastikan kevalidan lowongan tersebut. Carilah informasi mengenai perusahaan melalui websitenya, untuk memastikan perusahaan tersebut memang benar ada.

Tren lamaran kerja online sering dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dengan menawarkan lowongan kerja palsu dan berujung pada penipuan. Bila Anda memastikan kevalidan sebuah informasi lowongan, tentu Anda dapat terhindar dari penipuan lowongan kerja online yang merugikan.

3. Pahami Kualifikasi Persyaratan Lamaran

Umumnya, kualifikasi pekerjaan dari sebuah lowongan pekerjaan, berkaitan dengan syarat yang harus dipenuhi oleh pelamar. Perhatikan tips melamar kerja via online dengan membaca secara detail kualifikasi persyaratan lamaran online tersebut.

Sebab, masing-masing lowongan pekerjaan mempersyaratkan kualifikasi yang berbeda seperti lowongan kerja indomaret,di pabrik,kapal pesiar dan lain sebagainya. Bila kualifikasi yang Anda miliki sesuai dengan yang dibutuhkan oleh lowongan kerja online terserbut, segeralah mengirimkan lamaran via online.

4. Siapkan Data/Syarat Lamaran

Syarat melamar kerja online tidak hanya membutuhkan curriculum vitae saja, tetapi juga syarat-syarat lain seperti scan KTP, Ijazah dan lain-lain. Tips melamar kerja online untuk pemula adalah mencari tahu data atau syarat yang dibutuhkan. Jika sudah, segera persiapkan dan lengkapi agar tidak terjadi kesalahan setelah pengiriman lamaran.

5. Siapkan CV Digital yang Informatif

Tips melamar kerja online yang harus Anda persiapkan adalah CV digital. Sebuah CV tidak hanya mengutamakan isi yang singkat, padat dan jelas tetapi juga desain yang menarik. CV digital baru-baru ini sangat populer, karena memiliki template yang lebih rapi, huruf yang mudah terbaca serta menggunakan kombinasi warna yang atraktif.

Apabila Anda masih kesulitan membuat membuat CV digital sendiri, kini banyak jasa desain grafis yang siap membantu Anda menyusun CV digital yang informatif. Ada juga template CV gratis yang bisa didownload melalui internet, sehingga Anda bisa membuat CV digital sendiri sesuai keinginan.

6. Buat Resume Semenarik dan Informatif

Profil diri atau resume, merupakan salah satu syarat pengajuan lamaran kerja online, sehingga harus dibuat menarik dan informatif. Upayakan resume tersebut tidak berlebihan yang justru terkesan buruk di mata HRD.

Cobalah menerapkan tips melamar kerja online dengan mencari referensi resume professional di internet. Selain itu, pastikan apa yang Anda tulis dalam resume tersebut benar-benar jujur dan tidak dilebih-lebihkan. Hal itu karena bisa berdampak pada pelaksanaan kerja langsung, yang mungkin akan menyiksa Anda.

7. Jangan Mengirimi Spam pada Email Perusahaan

Lamaran kerja online biasanya harus dikirimkan ke alamat Email perusahaan yang bersangkutan. Tips melamar kerja via Email yang perlu Anda perhatikan yaitu kirimkan surat lamaran kerja cukup sekali saja ke Email perusahaan.

Hindari mengirimkan Email lamaran kerja secara berulang pada alamat Email yang sama hanya karena khawatir Email Anda tidak terbaca oleh HRD. Pengiriman Email yang berulang justru membuat perusahaan tidak nyaman dan bisa jadi Email tersebut menjadi spam.

8. Perhatikan Etika Pengiriman Email Lamaran

Mengirim lamaran kerja melalui Email ke perusahaan, sebaiknya tetap memerhatikan etika yang baik dan sopan. Supaya Email lamaran kerja Anda dapat dikenali dengan mudah, tips melamar kerja online yang harus dilakukan adalah memberikan sapaan dalam Email tersebut.

Contohnya “Selamat pagi, perkenalkan saya Arin bermaksud ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Berikut saya lampirkan data-data yang dibutuhkan, sebagai bahan pertimbangan. Semoga Bapak/Ibu berkenan dengan pengajuan lamaran ini”.

Etika pengiriman Email untuk lamaran kerja tersebut harus dilakukan dengan benar. Tujuannya, agar memberikan kesan yang baik bagi perusahaan, sehingga kemungkinan lamaran Anda akan memperoleh balasan positif.

9. Gunakan Foto Asli yang Up to Date

Saat mengirimkan lamaran kerja online, sertakan juga foto asli yang up to date. Pastikan foto Anda terlihat profesional dan terbaru, agar semakin meyakinkan pihak HRD bahwa Anda memang benar-benar siap bekerja. Hindari memakai efek yang berlebihan pada foto yang justru memberikan kesan kurang profesional.

Agar terlihat profesional, pakailah pakaian yang formal seperti kemeja berdasi dan blazer ketika membuat pas foto. Penampilan tersebut memberikan nilai plus bagi HRD perusahaan, dibandingkan foto dengan pakaian tidak formal. Untuk lowongan kerja di bank, biasanya membutuhkan tambahan foto full body sebagai persyaratan pengajuan lamaran.

10. Siapkan Application Letter dengan Baik yang Benar

Application letter atau surat lamaran kerja merupakan poin yang penting ketika mengajukan lamaran kerja online. Biasanya, application letter bersifat resmi dan harus ditulis memakai bahasa Indonesia sesuai aturan yang benar.

Surat lamaran berisi pembuka, perkenalan, biodata singkat pelamar, maksud serta tujuan pembuatan surat lamaran, lampiran dan penutup. Upayakan penulisan application letter tidak mengalami kesalahan atau typo, agar tidak mengurangi penilaian HRD. Tips melamar kerja lainnya yang perlu Anda terapkan juga, yaitu upayakan menulis surat lamaran dengan rapi dan jelas.

11. Kirim Berkas Lamaran pada Jam Kerja

Perlu Anda ketahui, waktu pengiriman lamaran kerja viaEmail ternyata dapat memengaruhi kesempatan Anda diterima kerja di sebuah perusahaan. Pastikan menerapkan tips melamar kerja online dengan mengirimkan Email pada jam kerja, agar Email Anda berpeluang besar dibuka dan dikaji pihak HRD.

12. Jangan Lupa Lampirkan Portofolio (Jika Ada)

Sertakan portofolio hasil pekerjaan Anda secara bagus dan menarik. Portofolio yang Anda lampirkan, bisa memberikan informasi kepada perusahaan bahwa Anda mempunyai kemampuan serta pengalaman yang dibutuhkan perusahaan.

Agar lebih meyakinkan, cantumkan pengalaman dan hasil proyek yang pernah Anda kerjakan, baik di dalam maupun di luar negeri. Tambahkan juga testimoni dari klien, agar pihak HRD semakin terkesan dengan Anda.

Baca Juga: Skill yang Wajib Diketahui Oleh Freshgraduate yang Baru Mau Melamar Kerja

…………..

Agar peluang Anda diterima semakin besar, maka pastikan menerapkan tips melamar kerja online yang sudah disampaikan di atas. Terapkan masing-masing tips dengan baik dan benar supaya pihak HRD semakin terkesan dan tidak ragu memilih Anda untuk bergabung dengan perusahaannya, meskipun Anda masih fresh graduate.